Melihat sejarah Mitsubishi

Mitsubishi adalah sebuah perusahaan asal jepang yang bergerak dibagian otomotif. Mitsubishi berada dibawah naungan Mitsubishi group. Mitsubishi juga menaungi berbagai perusahaan yang berbagi merek dagang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1870 sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki.

Nama dari perusahaan baru tersebut diubah menjadi Mitsukawa Shokai pada tahun 1872 dan menjadi Mitsubishi Shokai pada tahun 1874. Yataro memilih emblem perusahaan yang menggabungkan tiga daun ek yang menjadi lambang keluarga Tosa dan tiga berlian dari lambang keluarganya. Emblem ini menjadi sumber dari nama Mitsubishi, yang berarti “tiga berlian.” Hal ini sesuai dengan logonya yang bergambar tiga berlian.

Pertumbuhan perusahaan ini tumbuh berlangsung cepat namun cepat juga gulung tikarnya. Mitsubishi Mail Steamship mengawali layanan ke Tiongkok dan Rusia, dan benar-benar memonopoli jalur luar negeri. Tetapi perubahan arah politik berdampak buruk terhadap Mitsubishi di awal tahun 1880an, dan pemerintah mensponsori pendirian perusahaan kompetitor. Persaingan yang kemudian terjadi hampir membuat kedua perusahaan gulung tikar.

Lalu merambah ke bisnis lain, Ketika persaingan di laut semakin memanas, Mitsubishi melakukan diversifikasi di darat. Perusahaan membeli tambang tembaga Yoshioka di Akita dan tambang batu bara Takashima di Nagasaki. Mitsubishi menyewa Galangan Kapal Nagasaki dari pemerintah pada tahun 1884 dan di sana membuat kapal uap pertama di Jepang berbahan besi.


Mitsubishi Bandung terus tumbuh dan memperluas usaha di bawah kepemimpinan tegas Yanosuke Iwasaki. Ia menangani lebih banyak tambang untuk menyediakan sumber daya bagi Mitsubishi dan industri Jepang yang terus tumbuh. Kata “Steamship” dihapus dari nama perusahaan. Ia juga membeli tanah rawa seluas 80 akre dengan nilai sekitar US$1 juta di dekat Istana Kaisar pada tahun 1890. Meski mendapat cemooh pada saat itu, investasi Yanosuke bernilai miliaran dolar saat ini.

Hal ini dikarenakan Mitsubishi memakai manajemn modern. Rumah bagi Meiji Life dan Tokio Marine sekitar 1895

Putra Yataro, Hisaya, menjadi presiden pada tahun 1893. Tamatan University of Pennsylvania itu menata ulang Mitsubishi untuk mendukung operasi bisnis yang semakin beragam. Ia mendirikan divisi-divisi untuk perbankan, real estate, pemasaran, dan administrasi, serta bisnis pertambangan dan pembuatan kapal yang sudah ada sejak awal.

Sebagian dari investasi pribadi Hisaya merupakan bagian dari perusahaan Mitsubishi saat ini. Ia membeli Kobe Paper Mill, yang saat ini dikenal sebagai Mitsubishi Paper Mills. Dan ia mendukung pendirian Kirin Brewery. Sepupunya Toshiya mendirikan Asahi Glass, pabrik pertama yang memproduksi lembar kaca di Jepang.

Manajemen Mitsubishi semakin modern ketika putra Yanosuke, Koyata, menggantikan Hisaya sebagai presiden tahun 1916. Koyata, tamatan Cambridge University, menggabungkan divisi-divisi sebagai perusahaan semi-otonom. Ia mengarahkan Mitsubishi menjadi yang terdepan di sektor-sektor seperti permesinan, peralatan kelistrikan, dan bahan kimia. Perusahaan-perusahaan yang nantinya menjadi Mitsubishi Heavy Industries membuat mobil, pesawat, tank, dan bus. Dan Mitsubishi Electric menjadi yang terdepan dalam permesinan listrik dan peralatan rumah tangga.

Pengelompokan ini akhirnya menghasilkan tiga anak perusahaan yaitu Mitsubishi Bank (sekarang bagian dari Mitsubshi UFJ Financial Group) didirikan pada tahun 1919. Setelah pecah dengan Bank of di Jepang. pada tahun 1996, dan UFJ Holdings pada tahun 2004, Mitshubishi menjadi bank terbesar di Jepang. Yaitu anak perusahaan Mitsubishi. Dengan ini dinatakan bahwa Mitsubishi memainkan peran penting dalam modernisasi industri Jepang.

Dengan nama Mitsubishi corporation, perusahaan ini semakin menunjukan taringnya. Perusahaan ini menjadi perusahaan perdagangan terbesar di Jepang. Mitsubishi corporation memiliki anak perusahaan yaitu mitubishi heavy industries yang merupakan industri alat-alat berat. Mitsubishi motor yaitu produsen otomotif terbesar ke-6 di Jepang, Mitsubishi Chemical yaitu perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir, Mitsubishi powersystems yaitu sebuah perusahaan pembangkit listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *